Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Foto dan Video Banjir Bandang Manado

Foto dan Video Banjir Bandang Manado - Banjir bandang setinggai 2 meter lumpuhkan Manado, ibu kota Sulawesi Utara, Rabu (15/1/2014). Cahya Sumirat, warga Manado menyampaikan kabar banjir mulai masuk kota dari jam 06. 30 WITA pagi tadi serta tetap berjalan sampai siang ini.


“Hujan dari jam 23. 00 malam sampai siang ini tidak kunjung berhenti, ” kata Cahya seperti ditulis suarasurabaya Rabu.


Tak hanya hujan, aliran air yang masuk kota diperparah dengan meluapnya sungai Tondano.


Tampak dalam video amatir yang ditampilkan di suatu stasiun tv, sebagian orang terjerat di atap rumah, sambil meminta pertolongan ditengah kepugan air bah seperti tsunami yang menerjang beberapa ribu rumah di Manado. Terlihat juga dalam angel lain, pemukiman elit di Manado tergerus air bah, suatu mobil minibus terlihat tenggelam terbawa arus besar itu.


Sebagian titik yang terendam air sampai dua mtr. lebih salah satunya yaitu di lokasi Ranotana Weru, Ranonatana, Jl Betesda Sario, Seputaran Pakowa, Jl Siswa, Jl Ahmad Yani Sario, Tanjung Batu dan di lokasi KONI Sario.


Banjir bandang saat ini, kata Cahya, sesungguhnya adalah banjir empat tahunan. Namun yang berlangsung saat ini adalah yang paling besar serta jadikan beberapa ribu warga terpaksa mesti mengungsi ke sebagian daerah yang lebih tinggi.


Tak hanya banjir, hujan yang sekian hari paling akhir berlangsung sekurang-kurangnya juga sudah memutus jalur penghubung pada Manado-Tomohon ; dan Manado-Monahasa. Di Jalur ini, tak hanya terendam banjir juga tertimbun longsoran tanah.


Pemerintah daerah, kata Cahya, juga tidak menduga bila banjir saat ini demikian besar. “pemerintah sesungguhnya telah siap, namun tak menduga bila genangan yang berlangsung demikian tinggi serta menyeluruh.


Tubuh Meteorologi Klimatologi serta Geofisika (BMKG) Manado sendiri memperkirakan hujan dibarengi angin tetap selalu menerjang Manado sampai akhir Januari.


Sesaat, longsor menimpa 10 rumah di Desa Kembes Satu Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa, Rabu (15/1/2014) seputar jam 11. 55 WITA. 1 korban ditemukan tewas, sedang 1 orang yang lain tetap dalam pencarian.


“Kami belum peroleh data jati diri korban, namun yang pasti satu korban wafat dunia, ” tutur Sisi Operasional Polresta Manado, Aiptu Juiceuf Pangumpia Rabu siang.


banjir bandang di manado

banjir bandang di manado

banjir bandang di manado

banjir bandang di manado

banjir bandang di manado

video banjir bandang di manado
 

 

tag : video banjir bandang di manado, video banjir bandang di manado, video banjir bandang di manado, video banjir bandang di manado, air bah manado, air bah manado, 

Posting Komentar untuk "Foto dan Video Banjir Bandang Manado"