Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursor Mouse Dibuat Miring? Kenapa Ya...

Sempatkah terpikir oleh kita, kenapa design cursor mouse di computer di buat miring? Karena sangat biasanya kita lihat cursor, barangkali pertanyaan itu tidak sempat terlintas dipikiran kita.

Cursor mouse yang kita kenal sampai kini biasanya berbentuk sinyal panah itu serta dipertunjukkan miring seputar 45 derajat ke kiri. Tetapi, tahukah bahwasanya pada mulanya cursor di buat tegak? Lalu kenapa di buat miring?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kita mesti kembali ke saat pada semula mouse di buat, di masa penampilan computer tetap berbentuk susunan pixel resolusi rendah.

Berdasarkan keterangan di website Stack Exchange, mouse serta cursor pertama kali di buat oleh Douglas Englebart pada th. 1968. Awalannya, cursor memanglah di buat tegak lurus ke atas.

Tetapi, waktu computer Xerox PARC di buat seputar th. 1970-an, cursor lalu di buat miring. Argumennya, dengan monitor resolusi rendah pada zaman itu, cursor mouse yang tegak lurus sulit di cari di monitor.

kursor mouse

Dengan pixel resolusi rendah, penampilan cursor susah dibedakan dengan obyek-obyek lain yang dipertunjukkan monitor computer, terlebih waktu itu penampilan monitor tetap monokrom.

Karenanya, dengan bikin cursor yang melintang 45 derajat, itu bakal memudahkan pemakai mencari cursor di monitor.

Kemudian, cursor miring ke kiri temuan Englebart itu lalu diadopsi oleh pembuat-pembuat software computer sampai saat ini. Hal itu terhitung dikerjakan oleh pencipta Apple, Steve Jobs, yang meminjam cursor itu untuk Mac OS-nya, serta lalu Bill Gates dengan Windows-nya.

Posting Komentar untuk "Kursor Mouse Dibuat Miring? Kenapa Ya..."