7 Pesepakbola Ternama Pernah Terjerat Doping


Dalam dunia olahraga, termasuk sepak bola, tes doping merupakan hal yang rutin dilakukan, terutama setelah pertandingan. Hal tersebut untuk memastikan bahwa kondisi seorang pemain benar-benar murni tanpa pengaruh zat-zat tertentu yang mampu memengaruhi kualitas performanya.

Beberapa pemain cukup sadar akan kondisi ini, sebab sekali saja mereka gagal lolos tes, maka perjalanan karier mereka bisa terancam. Contohnya saja Andrea Pirlo, yang konon saat ingin meminum aspirin pun ia akan menelepon dokternya lebih dulu. Namun, tak semuanya bersikap disiplin seperti itu. Akibatnya, kita seringkali menemui kasus di mana seorang pemain terbukti mengonsumsi zat-zat yang dilarang ada dalam tubuh pesepak bola, baik disengaja maupun tidak.

Yang terbaru, badan antidoping di Italia baru saja menjatuhkan hukuman larangan bermain kepada gelandang Cagliari asal Brasil, Joao Pedro, pada 9 Maret lalu. Pedro gagal dalam tes doping seusai laga melawan Sassuolo pada 11 Februari lalu karena tubuhnya mengandung zat diuretic hydrochlorothiazide, sejenis obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang dilarang dalam dunia olahraga.

Kasus Pedro ini semakin menambah panjang daftar pesepak bola yang pernah mengalami gagal tes doping. Parahnya lagi, tak hanya pemain kelas medioker, namun sederetan pemain ternama pun pernah terjerat masalah ini. Berikut ini adalah beberapa kasus yang cukup menyita perhatian publik:

7. Marco Borriello
6. Darijo Srna
5. Samir Nasri
4. Mamadou Sakho
3. Edgar Davids
2. Rio Ferdinand
1. Adrian Mutu

Posting Komentar untuk "7 Pesepakbola Ternama Pernah Terjerat Doping"