Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Orang Yang Sangat Berpengaruh di Facebook

Mark Zuckerberg adalah orang nomor satu di situs jejaring nomor 1 dunia ini. Namun dibalik kesuksesannya di Facebook bukan buah hasil usahanya sendiri, namun ada beberapa "Super Hero" dibelakangnya. Berikut 10 orang yang paling berpengaruh di Facebook :

1. Sean Parker
Parker bergabung dengan Facebook pada musim panas pertamanya di Silicon Valley. Hal terpenting yang dilakukannya untuk Facebook adalah menutup kemungkinan investor untuk mengacaukannya dan menyarankan agar Zuckerberg waspada terhadap para pemilik uang yang siap mengambil alih perusahaannya. Parker melakukannya untuk membuat Facebook tetap aman menjadi milik Zuckerberg. Parker juga meyakinkan Zuckerberg agar Facebook bisa digunakan untuk berbagi foto, karena awalnya Zuckerberg tak mau melakukannya.


2. Peter Thiel
Pada 27 September 2004, Thiel membeli 9% saham Facebook seharga USD 500.000 dan menjadi investor pertama di perusahaan ini/ Investasinya cukup besar, jika mengingat saat itu Facebook hanya mendapatkan asupan dana dari orang tua Zuckerberg melalui pinjaman. Dia meminta Zuckerberg untuk melegalkan kontrolnya atas Facebook dengan mendepak Eduardo Saverin keluar. Thiel juga orang yang percaya bahwa Facebook bisa menjadi lebih besar daripada sekedar situs untuk anak-anak kuliahan. Salah satu orang dalam Facebook mengatakan bahwa Thiel adalah seorang hacker, dan dia mendukung Zuckerberg untuk memilih jalan yang berbeda, baik dari segi produk dan bisnis, untuk mengembangkannya.


3. Chris Cox
Chris Cox bergabung dengan Facebook pada tahun 2005 dan membantu perusahaan ini membangun produknya, sebuah tulang punggung, yang disebut "News Feed." Pada tahun 2008, Facebook kehilangan beberapa tokoh pentingnya. Saat itu Cox dimandatkan untuk menjadi ketua divisi pengembangan karyawan dengan mengedepankan misi, nilai, nilai produk, dan bagaimana Facebook mengatur para pekerjanya. Chris Cox kembali bergabung dengan divisi produk hingga saat ini dan melaporkan pekerjaannya langsung pada Zuckerberg.



4. Dustin Moskovitz
Ya, ada masa-masa ketika Zuckerberg tak terlalu memperhatikan Facebook seperti saat ini, yaitu sekitar tahun 2004. Saat itu Zuckerberg menganggap Facebook hanyalah hal remeh dan mengalihkan perhatiannya pada proyek lain bernama Wirehog. Namun teman sekamar Zuckerberg di Harvard ini, Dustin Moskovitz, tak peduli pada kemungkinan apapun yang bisa terjadi pada Facebook dan terus mendorong Zuckerberg untuk berfokus dalam pengerjaan Facebook-nya. COO pertama Facebook ini melakukan apapun agar Facebook tetap bertahan hingga 36 bulan. Dia membuat semua orang yang terlibat dalam pengembangan awal Facebook tetap bekerja.


5. Adam D'Angelo
Banyak yang tak mengenal pria yang sebenarnya bisa menjadi CTO pertama Facebook ini. Adam D'Angelo adalah teman Zuckerberg saat mereka sama-sama berada di sekolah asrama Exeter. Mereka pernah sama-sama membuat perangkat lunak untuk berbagi dan memutar lagu. Saat D'Angelo pergi ke Stanford, dan Zuckerberg pergi ke Harvard, mereka berdua masihs ering berbicara melalui AOL Instant Messenger. Dalam percakapannya beberapa tahun yang lalu, Zuckerberg pernah meminta pendapat D'Angelo tentang proyek apa yang harus dilakukannya. Apakah sebuah "Situs Kencan" seperti yang diminta oleh beberapa seniornya di Harvard, atau Facebook. Dari percakapan itu diketahui bahwa D'Angelo pernah meyakinkan Zuckerberg untuk bekerja untuk dirinya sendiri dan bukan pada perusahaan. Selain itu, D'Angelo juga menyarankan agar Zuckerberg mengembangkan Facebook menjadi jejaring sosial seperti Friendster. Jadi, meskipun tak banyak orang yang menyadari dan mengenalnya, D'Angelo adalah orang pertama yang memberikan saran mengenai Facebook sebagai jejaring sosial pada Zuckerberg.


6. Sheryl Sandberg
Sebelum bergabung dengan Facebook pada tahun 2008, Sheryl Sandberg bekerja pada Google. Sejak pertama kali menginjakkan kakinya di perusahaan ini, Sheryl telah memberikan dampak yang besar. Dia memperkenalkan cara-cara penilaian kinerja, merekrut semua pekerja Google yang berbakat, dan membangun divisi iklan yang sekarang telah menghasilkan miliaran dolar untuk Facebook setiap tahunnya. Saat ini Sheryl dianggap sebagai CEO Facebook dalam hal bisnis. Dia melakukan penggalangan dana, mengawasi, melakukan penjualan.


7. Jeff Rothschild
Orang inilah alasan mengapa Facebook tidak bernasib sama dengan Friendster. Setelah Facebook bekerja sama dengan Accel Partners, mereka meminjamkan salah satu konsultannya, yaitu Jeff Rothschild, pada Facebook. Rothschild bertugas membesarkan skala Facebook dan membuatnya tak terlalu cepat tumbuh dan mati seperti Friendster. Salah satu orang dalam Facebook mengatakan bahwa Jeff Rothschild adalah seorang jenius dalam bidang infrastruktur dan orang yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan sistem Facebook hingga menjadi seperti saat ini.


8. Andrew Bosworth.
Awalnya Facebook hanyalah sebuah koleksi pengguna yang stagnan. Untuk melihat aktivitas terbaru teman-teman mereka, pengguna harus meloncat dari profil ke profil. Hingga pada tahun 2006, Facebook menggunakan sistem News Feed yang memberikan aliran informasi mengenai aktivitas-aktivitas pengguna lain dalam satu tempat, yaitu beranda. Bosworth, atau Boz, adalah orang yang membuat itu terjadi. Orang ini juga yang menjadi alasan para pengguna bisa menggunakan Facebook chat, video-call, dan email.


9. Eduardo Saverin
Sebenarnya terasa aneh memasukkan Saverin ke dalam daftar ini, setelah apa yang dilakukannya pada musim panas tahun 2004. Saverin hampir saja mematikan Facebook dengan menutup situs jejaring sosial ini saat penggunanya mencapai jutaan. Tak hanya itu, Saverin juga membekukan akun bank milik perusahaan. Saverin melakukan ini karena merasa diabaikan dan tidak diikutkan dalam semua pengambilan keputusan Facebook. Namun Facebook tetap bisa bertahan karena adanya bantuan dana dari orang tua Zuckerberg. Lalu mengapa orang ini berada dalam daftar? Ada alasan yang bagus untuk itu. Pada masa kelahiran Facebook di akhir tahun 2003, Eduardo Saverin adalah salah satu orang yang ikut mendanainya. DIa memberikan Zuckerberg uang sebesar USD 10.000.


10. David Ebersman
Mark Zuckerberg tidak tertarik pada urusan keuangan Facebook, dia menyerahkannya pada Sheryl Sandberg, yang kemudian menyerahkan semua tugas itu pada David Ebersman. David bergabung dengan Facebook pada tahun 2009. Selama masa kerjanya, dia sudah membuat banyak kesepakatan besar yang menguntungkan Facebook. Salah satunya adalah dengan Goldman Sachs yang memberikan keuntungan pada Facebook sebesar USD 50 miliar pada tahun 2011. Seorang temannya semasa kuliah mendeskripsikan Ebersman sebagai seseorang yang serius, cerdas, ahli matematika, dan selalu tenang, bahkan di saat yang gila sekalipun.

Itulah orang yang sangat berpengaruh dan berjasa di Facebook.

Posting Komentar untuk "Orang Yang Sangat Berpengaruh di Facebook"