Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesjid Termegah Di Asia Memiliki Kubah Emas

Masjid Dian Al Mahri
Mesjid Termegah Di Asia Memiliki Kubah Emas - Masjid Dian Al Mahri atau di kenal menggunakan Masjid Kubah Emas demikian fenomenal dari di buka untuk umum pada th. 2006 lalu. Maka, tidak heran bila masjid ini jadi ikon serta magnet baru untuk golongan muslim Indonesia. Tiap-tiap minggu tidak sempat sepi peziarah. Juga, banyak dari mereka datang dari luar kota juga Pulau Jawa.

Sesungguhnya, daya tarik utama masjid ini bukan hanya sebatas kubahnya yang terbuat dari susunan emas. Sebagian besar material bangunan juga dihadirkan segera dari luar negeri, hingga ikut menaikkan kesan elegan tempat beribadah yang memperoleh predikat untuk masjid termegah di Asia Tenggara itu.

H. Muhammad Ilham, pengurus Masjid Kubah Emas menceritakan, masjid itu mulai dicanangkan dari April 1999, menurut gagasan dari seseorang entrepreneur kaya asal Banten yang bernama Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid.

" Masjid ini adalah yang dimimpikan ibu Dian dari lama. Tak hanya membiayai semua pembangunan, ia juga aktif terlibat segera dalam penentuan material konstruksi sampai sistem finishing, " katanya waktu diwawancarai Plasadana. com untuk Yahoo Indonesia.

Pembangunan masjid diawali pada 2001 serta mengonsumsi saat seputar lima th.. Pada 31 Desember 2006, bertepatan menggunakan hari raya Idul Adha, masjid ini baru dengan cara resmi terbuka untuk umum. Masalah besaran cost yang dikeluarkan untuk bangun masjid yang dapat menyimpan 15 ribu jamaah itu, ia mengakui tak tahu.

" Mas dapat menaksir-naksir sendiri berapakah cost pembangunan ini, " katanya sembari tertawa.

Lebih jauh Ilham menjelaskan, tiap-tiap hari banyak pengunjung yang datang ke masjid itu. Dimulai dari warga seputar yang akan salat, hingga orang-orang dari luar daerah yang memanglah berniat datang untuk berwisata rohani.

" Tiap-tiap hari, ada seputar 800-1. 000 pengunjung yang datang. Bila akhir minggu, libur nasional atau ada aktivitas bulanan teratur yang dikerjakan di masjid ini, pengunjungnya dapat hingga 3. 000 lebih, " katanya.

Bila di perhatikan, Masjid Kubah Emas memanglah memperlihatkan kemegahan yang memukau. Seperti namanya, kubah pada masjid dilapis emas 24 karat yang mempunyai ketebalan 2-3 milimeter. Emas itu menutupi sisi luar kubah yang memiliki diameter bawah 16 mtr., diameter tengah 20 mtr., serta tinggi 25 mtr..

Bukan sekedar itu, masjid ini dapat mempunyai 6 menara berupa sisi enam yang tingginya masing-masing 40 mtr.. Semua menara dibalut oleh granit abu-abu dari Italia menggunakan ornament melingkar. Pada puncak menara, ada kubah yang lagi-lagi dilapis oleh mozaik emas 24 karat.

Pada langit-langit kubah, ada lukisan langit yang warnanya bisa beralih sesuai sama menggunakan warna langit pada saat salat. Pergantian warna itu bisa berlangsung menggunakan ada tehnologi tata sinar yang diprogram lewat computer. Di dalam area masjid, bergantung lampu yang terbuat dari kuningan berlapis emas. Beratnya seputar 2, 7 ton serta pelaksanaannya dikerjakan pakar dari Italia.

Kemegahan masjid yang mempunyai luas bangunan 7. 200 mtr. persegi itu, rupanya betul-betul sukses memikat banyak jamaah untuk selalu bertandang serta melaksanakan ibadah di lokasi itu. Ibu Ayoh umpamanya, ia benar-benar mengagumi akan menggunakan kemegahan masjid ini. Ia mengakui telah tiga kali bertandang. Menurut dia, tak hanya asik kagum pada kemegahannya, juga ada sensasi sendiri bila melakukan salat di masjid itu.

" Awalannya penasaran saja sama bangunannya serta ingin merasakan salat di dalamnya, " ungkap wanita asal Banten itu.

Untuk Anda yang penasaran mau lihat segera kemegahan Masjid Kubah Emas, silahkan datang ke Jalan Meruyung Raya, Kelurahan Limo, Kecamatan Cinere, Depok. Masjid ini buka untuk umum tiap-tiap hari dari jam 10. 00-20. 00 WIB serta untuk salat subuh sampai 07. 00 WIB, terkecuali pada hari Kamis masjid ini tutup lantaran dikerjakan pembersihan untuk persiapan salat Jumat.

Tak hanya bisa nikmati kemegahan masjid, pengunjung yang berwisata rohani ke masjid ini dapat juga ikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan masjid ini dengan cara teratur. Salah satunya : aktivitas tausiyah umum tiap-tiap hari Selasa, Rabu, Sabtu, serta Minggu pada jam 10. 30-12. 00 WIB.

Posting Komentar untuk "Mesjid Termegah Di Asia Memiliki Kubah Emas"