Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Ekonomi Indonesia dan Sistem Ekonomi Syariah di Indonesia 2013

Sistem ekonomi Indonesia atau semua suatu hal yang terkait dengan perekonomian sesuatu bangsa dapat amat menarik untuk dibicarakan. Pada peluang saat ini dapat kami ulas dengan lengkap layaknya apa sistem ekonomi di Indonesia yang sesungguhnya. Indonesia merupakan negara kesatuan yang memiliki sistem ekonomi berbasis pasar sebagaikan pemerintah di indonesia mempunyai fungsi penting saat mengendalikan kehidupan ekonomi bangsa. Tercatat sampai saat ini ini nyaris kian lebih 164 BUMN yang memegang fungsi penting saat menjaga keseimbangan sistem ekonomi indonesia.

Bicara mengenai sistem ekonomi, arti tersebut bisa dimaknai sebagai sesuatu sistem atau perpaduan dari beragam aturan serta segi dan mekanisme yang saling bergantungan satu sama lain serta mempunyai tujuan untuk menyalurkan atau mengalokasikan seluruh kekayaan atau sumber daya yang dimiliki pada seluruh rakyatnya dengan merata.

Karena arti sistem ekonomi Indonesia merupakan sebuah sistem atau perpaduan dari beragam aturan serta segi dan mekanisme yang saling bergantungan satu sama lain serta mempunyai tujuan untuk menyalurkan atau mengalokasikan seluruh kekayaan atau sumber daya punya negara yang ada pada seluruh rakyat indonesia dengan adil serta merata. walau sebenarnya tujuan tersebut tetap belum direalisasikan dengan baik.

Dalam usaha melindungi keseimbangan serta stabilitas perekonomian indonesia, negara Indonesia menggunakan sistem ekonomi campuran. di mana pemerintah memadukan dua sistem ekonomi sekalian yakni sistem ekonomi pasar serta terencana atau terpimpin, tetapi tidak dulu terlepas dari nilai-nilai landasan negara republik indonesia yakni pancasila serta UUD 1945.


Dalam UUD RI tahun 1945 pasal 33 ayat 1-3 dijelaskan bahwa : 
Perekonomian disusun sebagai usaha berbarengan berdasar atas asas kekeluargaan.
Cabang-cabang produksi yang penting untuk negara serta yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
Bumi serta air serta kekayaan alam yang terdapat didalamnya dikuasai oleh negara serta dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
Ketiga ayat dari pasal 33 uud 1945 tersebutlah yang jadikan dasar saat menyusun sistem ekonomi indonesia yang lebih mementingkan demokrasi ekonomi indonesia yang terencana ini.

Tanda-tanda sistem ekonomi Indonesia.
negara indonesia mempunyai sistem ekonomi yang berlandaskan pada uud 1945 pasal 33 yang sudah dijelaskan di atas serta mempunyai tanda-tanda seperti berikut :
Pemerintah mempunyai fungsi yang penting sama perihal nya dengan swasta. tetapi fungsi penting tersebut tidak bermakna dominan. fungsi yang penting tetapi tidak dominan dari pemerintah serta swasta tersebut mempunyai tujuan supaya tidak berlangsungnya sistem ekonomi komando yang cuma dimonopoli oleh sebagian pihak saja serta juga hindari ada sistem ekonomi pasar bebas yang sebebas-bebasnya. Sistem ekonomi Indonesia menurut pada asas kekeluargaan hingga perihal itu jadikan perekonomian di Indonesia bukan sekedar didominasi oleh factor modal saja, tetapi juga didominasi oleh keberadaan buruh yang juga dikira mempunyai fungsi yang sama pentingnya. Seluruh aktivitas perekonomian dikerjakan oleh rakyat, serta untuk rakyat di bawah pengawasan dari pemerintah, seluruh kekayaan alam Indonesia yang termasuk bumi, air, serta udara di Indonesia seutuhnya dikuasai oleh negara serta digunakan untuk keperluan rakyat. Sumber-sumber kekayaan alam serta keuangan yang dimiliki oleh negara digunakan dengan basic mufakat dari instansi perwakilan rakyat yang mendengarkan aspirasi rakyat, serta diawasi oleh kebijakan yang dibikin oleh instansi perwakilan rakyat juga. Seluruh warga negara Indonesia mempunyai hak untuk memastikan pekerjaan yang dapat dikerjakannya serta seluruh warga negara mempunyai hak untuk mendapatkan kelayakan hidup.
Hak kepemilikan individu dianggap tetapi tidak bisa bertentangan dengan hak masyarakat yang lain.
potensi, inisiatif serta daya kreasi seluruh warga negara Indonesia bisa dikembangkan semaksimal barangkali dengan batasan tidak mengganggu keperluan masyarakat lain dengan umum.
Fakir miskin serta anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

Sistem Ekonomi Syariah di Indonesia.
sistem ekonomi syariah atau islam merupakan di antara sistem ekonomi yang juga ada di Indonesia. Sistem ekonomi syariah merupakan sistem ekonomi Indonesia yang pada prinsipnya bersumber dari syariat Islam. Dalam pelaksanaannya, sistem ekonomi syariah ini tidak demikian menginginkan pada jumlah laba yang besar tetapi mengedepankan pada hindari riba atau perihal tidak baik yang lain dalam perekonomian. Sistem ekonomi syariah di Indonesia berkembang amat cepat dengan bukti nyata bahwa nyaris seluruh bank di Indonesia mempunyai program syariah untuk nasabahnya.

Demikian penjelasan singkat mengenai sistem ekonomi Indonesia. Kami sadar bahwa penjelasan tersebut tetap terlampau sedikit untuk menggambarkan dengan jelas mengenai sistem ekonomi Indonesia yang mempunyai materi amat luas, tetapi dikarenakan keterbatasan waktu serta pikiran dari kami, cuma ini yang dapat kami berikanlah. Disamping itu kami juga mohon maaf jika ada beberapa kekeliruan dalam kami mengemukakan. Semoga artikel mengenai sistem ekonomi Indonesia ini bisa berguna.

Posting Komentar untuk "Sistem Ekonomi Indonesia dan Sistem Ekonomi Syariah di Indonesia 2013"