Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juara Bertahan yang Tersingkir di Fase Grup Piala Dunia

Juara Bertahan yang Tersingkir di Fase Grup Piala Dunia

 


Juara Bertahan yang Tersingkir di Fase Grup Piala Dunia

Spanyol menaikkan daftar juara bertahan yang alami cerita sedih tersingkir di babak pertama selama histori Piala Dunia.

Dari Piala Dunia diadakan pada 1930, telah 5 negara juara bertahan ynag tersingkir di babak pertama. Fenomena ini jadi misteri sendiri di arena Piala Dunia, walau sebenarnya sang juara bertahan senantiasa jadi favorite untuk menjaga gelarnya. Terlebih mereka umumnya tetap diperkuat pemain veteran yang di kenal umum.

Italia untuk juara bertahan Piala Dunia 1938 adalah negara pertama yang alami nasib ini. Di Piala Dunia 1950 di Brasil, Italia tersingkir di babak penyisihan sesudah mengelami kekalahan dari Swedia 2-3.

Tersingkirnya juara bertahan paling meyedihkan berlangsung pada Piala Dunia 1966 di Inggris. Brasil untuk juara bertahan Piala Dunia Cile 1962 turun menggunakan gabungan pemian senior seperti Garrincha serta pemain muda seperti Tostao. Pemain paling baik dunia waktu itu, Pele yang tidak hadir di Chile lantaran cedera, juga memperkuat tim Selecao.

Tetapi Brasil dipermalukan menggunakan dua kekalahan dari Hungaria serta Portugal menggunakan score sama 1-3 di Group 3. Pele memperoleh perlakuan kasar selama Piala Dunia serta juga melemparkan sumpah tak lagi ingin lagi bertanding di arena ini.

Juara 1998, Perancis alami nasib tragis pada Piala Dunia di Jepang-Korea pada 2002. Tampak menggunakan pemain komplit seperti Zinedine Zidane, Thierry henry serta gelar juara Eropa 2000, Prancis dipermalukan Senegal 0-1 di kompetisi awal Group A. Mereka pulang awal sesudah kalah 0-2 dari Denmark.

Paling akhir nasib sama dihadapi Gli Azzurri Italia pada Piala Dunia Afrika Selatan pada 2010. Berhimpun di Group E yang relatif mudah, Italia malah mencatat hasil jelek menggunakan cuma bermain seri 1-1 menggunakan Paraguay serta New Zealand dan dikalahkan Slovakia 2-3.

Tersebut daftar juara bertahan yang tersingkir di babak awal :

1950 - Italia
1966 - Brasil
2002 - Prancis
2010 - Italia
2014 - Spanyol

Posting Komentar untuk "Juara Bertahan yang Tersingkir di Fase Grup Piala Dunia"